Catatan Akhir Musim

Manchester United menjadi juara Liga Inggris 2010/2011 dengan total 80 poin. Statistik: 23 kali menang, 11 kali seri dan 4 kali kalah, dengan jumlah 78 gol dan 37 kali kemasukan.

Ini merupakan gelar yang spesial karena pada musim ini United mencetak sejarah baru dengan meraih gelar ke-19 sepanjang sejarah Liga Inggris. Torehan Setan Merah ini melewati rekor Liverpool dengan 18 gelar. Di bawah tangan dingin Fergie, United menjadi juara liga Inggris untuk ke-12 kalinya.

Pasukan Manchester United junior juga menyumbangkan trofi musim ini. Tim asuhan Paul McGuinness menjuarai FA Youth Cup setelah mengalahkan Sheffield United dengan skor 4-1 (agregat 6-3). Ini merupakan gelar FA Youth Cup ke-10 bagi United.

Selain meraih gelar juara Liga Inggris, penghargaan Pelatih dan Pemain Terbaik versi Barclays juga menjadi milik kubu United. Sir Alex Ferguson terpilih sebagai Pelatih Terbaik musim ini untuk kedua belas kalinya, sedangkan ini merupakan kedua kalinya bagi Nemanja Vidic untuk menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris. Penghargaan dari Barclays ini merupakan hasil jajak pendapat dari organisasi sepakbola, wartawan dan juga fans.

Chicharito mengawali musim yang manis di Old Trafford. Bagaimana tidak, pemain ajaib ini mampu mencetak 13 gol di musim pertamanya dan sering menjadi titik penentu kemenangan MU. Tidak mengherankan jika Chicharito mendapatkan Sir Matt Busby Awards atau Pemain Terfavorit versi fans United. Chicharito mendapatkan 21% suara, unggul tipis dari Luis Nani yang mendapatkan 20% dukungan fans.

Luis Nani merupakan pemain yang paling banyak melakukan assist musim ini. Nani sukses mengirimkan 18 umpan kepada rekannya dan berbuah gol. Wajar jika para pemain Setan Merah yang lain menobatkan Nani sebagai Pemain Terbaik United musim ini. Selain itu, Ryan Tunnicliffe menjadi Young Player of the Year dan Oliver Gill meraih gelar Reserve Team Player of the Year.

Musim 2010/2011, Dimitar Berbatov merupakan pemain yang paling sering melakukan hattrick, yaitu sebanyak tiga kali, ketika MU menaklukkan Liverpool 3-2, Birmingham 5-0, dan Blackburn Rovers 7-0 (pada pertandingan ini Berba mencetak 5 gol). Yang unik, jika pada awalnya Berba dan Carlos Tevez memegang Top Scorer Liga Inggris dengan 21 gol, akan tetapi satu gol Berba ke gawang Sunderland (26 Agustus) dianulir oleh badan panel Liga Inggris. Gol tersebut murni gol bunuh diri dari Anton Ferdinand. Sedangkan gol Tevez juga dianulir ketika melawan Newcastle United, karena gol tersebut merupakan gol bunuh diri Colocinni. Sehingga, Berba dan Tevez harus berbagi Golden Boot Award musim ini dengan 20 gol.

Musim ini jadi perpisahan bagi salah satu pentolan Class of ’92, Gary Neville dan Flying Dutchman, Edwin Van Der Sar. Gary memutuskan untuk gantung sepatu pada Februari 2011, dimana pertandingan terakhir Gary di Liga Inggris adalah ketika MU melawan West Bromwich Albion pada malam tahun baru 2011. Sedangkan laga terakhir VDS di Liga Inggris adalah ketika United menjamu Blackpool di Old Trafford. Laga tersebut menjadi sangat spesial karena VDS diberikan kesempatan untuk menjadi kapten United untuk yang terakhir kali. Di akhir laga tersebut, sebelum penyerahan Piala Liga Inggris, VDS mengucapkan salam perpisahan:

I want to thank the manager, he bought me six years ago, maybe a couple of years too late. I wish I’d done it [joined United] earlier. I have thoroughly enjoyed my time here. The fans and the other players have been magnificent. I’ll always keep a warm place in my heart for Manchester United, the world’s biggest club.

Laga terakhir Van Der Sar bersama United adalah ketika melawan Barcelona di Final Liga Champion.

Glory Glory Manchester United!

dari berbagai sumber
This entry was posted in Football and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s