Sejarah Garuda Indonesia

Seulawah (sumber Wikipedia)

Sejarah penerbangan komersial di Indonesia, tidak dapat dipisahkan dari masa-masa perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia dan juga usaha mempertahankan kemerdekaan tersebut.

Sejarah ini dimulai ketika pada tahun 1948, guna menunjang mobilitas pemimpin pemerintahan, Presiden Soekarno menghimbau kepada pengusaha dan rakyat Aceh untuk menghimpun dana guna membeli pesawat terbang. Terkumpullah sejumlah uang untuk membeli sebuah pesawat tipe Douglas DC-3 Dakota yang kemudian diberikan registrasi RI-001 dengan nama “Seulawah” yang berarti Gunung Emas.

Berhubung jadwal penerbangan cukup padat, maka pesawat RI-001 harus menjalani perawatan yang dilakukan di luar negeri dan tanggal 7 Desember 1948 pesawat RI-001 mendarat di Calcutta untuk mulai menjalani perawatan. Namun ketika sedang menjalani perawatan di India, pada tanggal 19 Desember 1948 tentara Belanda melancarkan Agresi Militer kedua, sehingga ketika perawatan selesai, pesawat RI-001 tidak dapat kembali ke Indonesia.

Pada saat yang bersamaan, Pemerintah Burma tengah memerlukan angkutan udara. Guna mencari dana bagi keberadaan para awak pesawat, maka diputuskan pesawat RI-001 disewakan kepada Pemerintah Burma. Akhirnya pada tanggal 26 Januari 1949, pesawat RI-001 tersebut diterbangkan dari Calcutta ke Rangoon dan diberikan nama “Indonesian Airways”.

Adapun nama “Garuda” diberikan Presiden Soekarno sendiri yang mengutip sajak Bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal saat itu, Noto Soeroto; “Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw einladen”, yang artinya “Aku adalah Garuda, burung milik Wishnu yang membentang sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu”.

Tanggal 28 Desember 1949 pesawat tipe Douglas DC-3 Dakota PK-DPD sudah dicat dengan logo “Garuda Indonesian Airways” terbang dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menjemput Presiden Soekarno. ini merupakan penerbangan pertama kali dengan menggunakan nama Garuda Indonesian Airways.

sumber: The Magazine of Garuda Indonesia, Februari 2011
This entry was posted in Aviation and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s