Jet Lag

 

Jet Lag Illustration (by John Coulter, 2008)

Anda sering mendengar istilah Jetlag namun masih belum terlalu paham? Atau anda akan melakukan perjalanan jauh yang melewati zona waktu berbeda? Berikut penjelasan dan tips-tips mengenai Jetlag.

Jetlag (biasa juga ditulis Jet lag atau Jet-lag) disebut juga desynchronosis, yaitu gangguan fisiologi akibat perubahan ritme sirkadian (ritme biologis tubuh yang mengatur waktu tidur dan bangun, produksi urine, termoregulasi, sistem endokrin dan perubahan tekanan darah). Perubahan ritme tersebut terjadi akibat perjalan jarak jauh (menggunakan pesawat terbang) yang melewati garis meridian (perjalanan barat ke timur atau timur ke barat).

Ketika melakukan perjalan melewati zona waktu yang berbeda, ritme biologis tubuh belum menyesuaikan dengan waktu setempat. Misalnya saja, orang Indonesia melakukan perjalanan ke Inggris yang memiliki perbedaan waktu 8 jam dari Indonesia bagian tengah. Meskipun di Inggris masih jam 2 siang, namun orang tersebut merasakan ngantuk. Hal itu disebabkan jam biologis tubuh yang belum menyesuaikan, orang tersebut masih terbiasa dengan waktu Indonesia Sehingga ritme biologis pun akan kacau, merasa ngantuk di pagi hari dan terjaga di malam hari. NASA memperkirakan bahwa manusia membutuhkan satu hari pemulihan tubuh (ritme biologis dan energi) untuk setiap satu zona waktu yang dilewati. Sehingga jika melakukan perjalanan yang melewati 8 zona waktu, maka anda membutuhkan 8 hari untuk pemulihan.

Gejala Jetlag dapat bervariasi pada setiap orang dan tergantung dari jarak yang ditempuh. Beberapa gejalanya, antara lain: lelah, mual, sakit kepala, dehidrasi, kehilangan nafsu makan, gangguan pola tidur, dan menurunnya daya ingat.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi efek Jetlag:

  • Pastikan kondisi tubuh fit sebelum terbang. Bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh, pastikan anda beristirahat yang cukup, makan dengan teratur dan sering berolahraga. Jika anda memiliki penyakit yang berat (misalnya sakit jantung), konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda. Dengan kondisi tubuh yang fit, akan lebih mudah bagi anda untuk mengatasi Jetlag ketika tiba di tujuan.
  • Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda beradaptasi terlebih dahulu dengan zona waktu pada tempat tujuan. Terlebih lagi jika anda akan menetap dalam jangka waktu lama di negara tersebut. Cobalah mengubah rutinitas harian anda sesuai dengan waktu di tempat tujuan. Anda tidak perlu mengubahnya secara drastis, lakukan perlahan-lahan dengan mengubah jadwal sejam lebih awal atau lebih lambat dari waktu normal. Cara ini dapat dimulai sejak tiga atau empat minggu sebelum jadwal keberangkatan.
  • Ketika melakukan perjalanan jauh, gunakan pakaian dan sepatu yang membuat anda nyaman. Dalam hal ini, kenyamanan jauh lebih penting daripada hanya sekadar terlihat keren. Jangan lupa untuk menyesuaikan pakaian dengan iklim di tempat tujuan anda.
  • Hindari minuman berkafein atau beralkohol sebelum, ketika dan setelah melakukan perjalanan. Minuman tersebut dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu jadwal tidur. Dehidrasi juga dapat disebabkan karena udara yang kering di pesawat. Oleh karena itu disarankan untuk banyak minum. Mengkonsumsi air putih akan lebih baik dari pada meminum jus, teh atau kopi.
  • Tetaplah aktif selama di pesawat. Setiap satu atau dua jam, cobalah untuk berjalan-jalan di pesawat atau lakukan perenggangan sederhana agar badan anda tidak kaku. Hindari mengkonsumsi obat tidur. Jika tidur dalam jangka waktu yang lama tanpa mengubah posisi, akan mengakibatan sirkulasi darah anda tidak lancar.
  • Apabila anda telah tiba di tempat tujuan, segera sesuaikan diri anda dengan waktu setempat dan makan secara teratur. Semakin cepat anda beradaptasi, akan semakin bagus bagi tubuh anda. Ketika siang hari, usahakan diri anda terkena paparan sinar matahari.
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Jet_lag
http://johncoulter.blogspot.com/2008/12/jet-lag-illustration.html
http://www.medicinenet.com/jet_lag/page1.htm
http://www.nojetlag.com/jetlag1.html
This entry was posted in Aviation, Kesehatan, Traveling and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s