Pistasio, si Cemilan Sehat

kacang pistasio

Kacang pistasio adalah salah satu cemilan sehat. Kacang jenis ini memang masih jarang di Indonesia dan harganya relatif mahal. Pistasio biasanya dimakan utuh sebagai kudapan, atau bisa juga dicampur dengan es krim, kue pie, salad atau cake.

Tanaman Pistasio (sumber en.wikipedia.org)

Pistasio (Pistachio, nama latin Pistacia Vera) berasal dari beberapa negara di Timur Tengah, kemudian dibudidayakan di Asia Barat dan berkembang di beberapa Negara di Eropa bagian selatan-tenggara dan Amerika Serikat. Pistasio merupakan salah satu jenis tanaman kacang tertua di dunia, telah ada sejak 7000 SM. Pistasio memiliki kulit (cangkang) yang sangat keras. Pistasio yang telah matang, kulitnya terbuka sebagian sehingga bijinya gampang dikeluarkan. Biji dari pistasio itulah yang bisa dimakan. Beberapa manfaat pistasio antara lain:

  • Pada zaman dahulu, pistasio dipercaya berkhasiat untuk mengobati sakit gigi.
  • Pistasio kaya zat antioksidan yang membantu melawan radikal bebas
  • Kandungan kalium (potassium) pada Pistasio lebih banyak dibandingkan pada kacang lainnya.
  • Warna hijau pada Pistasio berasal dari sebuah senyawa yang disebut lutein, yang dapat menunjang kesehatan mata.
  • Seporsi Pistasio memiliki kandungan serat yang lebih banyak dari beberapa jenis buah.
  • Hampir 90% lemak yang terkandung pada pistasio adalah jenis lemak tak jenuh ganda.
  • Dibandingkan dengan jenis kacang yang lain, Pistasio lebih banyak mengandung pitosterol (phytosterol) yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berdasarkan hasil riset Pennsylvania State University, pistasio dapat menurunkan total kadar kolesterol ±7% dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) ±12%, sehingga mampu mereduksi risiko penyakit jantung hingga 14%.

Pistasio Panggang (sumber en.wikipedia.org)

Berikut beberapa fakta mengenai Pistasio:

  • Kata Pistachio berasal dari Mediterania: bahasa Latin pistacium dan bahasa Yunani pistakion.
  • Di Iran, pistasio terkenal dengan sebutan “smilling nut”. Sedangkan di Cina terkenal dengan nama “happy nut“. Pistasio juga dikenal sebagai “green almond”.
  • Tanggal 26 Februari diperingati para pencinta pistasio sebagai Hari Pistasio Sedunia, yaitu hari untuk memperingati sejarah kacang.
  • 5 negara penghasil Pistasio terbesar di dunia (data tahun 2005) adalah: Irak (190.000 ton), Amerika Serikat (140.000), Turki (60.000 ton), Suriah (60.000 ton), Cina (34.000 ton) (sumber: wikipedia).
  • Orang Cina adalah konsumen pistasio terbanyak di dunia, mereka mengkonsumsi 80.000 ton pistasio per tahunnya. Orang Amerika mengkonsumsi 45.000 ton pertahun, Orang Rusia mengkonsumsi 15.000 ton per tahun, dan orang India mengkonsumsi pistasio 10.000 ton per tahun.
  • Kacang pistasio panggang dapat berubah warna menjadi merah jika diasinkan dengan garam dan stroberi (atau garam dan jeruk) sebelum dipanggang.

Jika memiliki kerabat yang sedang menjalankan ibadah haji atau umroh, tidak ada salahnya anda memesan kacang pistasio. Biasanya banyak tersedia di toko cokelat dan kacang. Harganya kurang lebih SR34/kg (yang ukuran sedang) dan SR40/kg untuk ukuran besar. Bahkan di beberapa toko, pengunjung bisa langsung mencoba berbagai penganan yang dijual, seperti pistasio, almond, kurma, ataupun cokelat.

Selamat menikmati pistasio

🙂

This entry was posted in Foods and Beverages and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s