Pesawat Qantas Mendarat Darurat di Bandara Changi

Pesawat Airbus A380 milik Qantas (sumber en.wikipedia.org)

Pesawat Airbus A380 milik Qantas Airlines hari ini (4 November 2010) melakukan pendaratan darurat di Bandara Changi, Singapura. Pesawat dengan nomor penerbangan QF-32 ini membawa kurang lebih 433 penumpang dengan rute London – Singapura – Sidney. Berita yang beredar sebelumnya adalah pesawat tersebut meledak di udara, namun pihak Qantas melakukan klarifikasi bahwa pesawat mereka mengalami kerusakan mesin. Beberapa bagian dari mesin tersebut bahkan jatuh di kawasan industri Batam.

Pesawat tersebut baru saja lepas landas dari Bandara Changi kemudian mengalami kerusakan mesin nomor 2 ketika melintasi wilayah Indonesia. Pilot kemudian mematikan mesin tersebut dan memutuskan untuk Return to Base. Ketika lepas landas dari Singapura, bahan bakar pesawat tersebut masih penuh, sehingga sebelum melakukan pendaratan bahan bakar pesawat harus dibuang terlebih dahulu. Proses pembuangan bahan bakar memakan waktu sekitar 1,5 jam, dimana pesawat berputar-putar di atas perairan Batam sehingga bahan bakarnya menguap di udara.

Akibat kejadian ini pihak Qantas menghentikan seluruh kegiatan operasianal pesawat Airbus A380 miliknya (Qantas memiliki 6 pesawat A380), hingga ada hasil resmi dari penyelidikan kejadian tersebut. Dilaporkan seluruh penumpang dan 26 awak pesawat selamat dari kejadian tersebut.

Pesawat Airbus A380 (sumber airbus.com)

Beberapa informasi mengenai Airbus A380:

  1. Airbus A380 merupakan pesawat komersil terbesar di dunia. Airbus versi standar dapat membawa 500 penumpang (konfigurasi 3 kelas) hingga 800 penumpang (konfigurasi 1 kelas). Bahkan Airbus A380-900 (masih dalam proses pembuatan) dirancang dapat membawa 1000 penumpang (konfigurasi 1 kelas).
  2. Pesawat yang diproduksi oleh Airbus SAS ini melakukan penerbangan perdana pada tanggal 27 April 2005 dari Bandara Toulouse Blagnac dan mendarat di tempat yang sama setelah melakukan penerbangan selama kurang lebih 4 jam. Sedangkan penerbangan komersil pertama pada tanggal 25 Oktober 2007 oleh Singapore Airlines dengan rute Singapura – Sidney.
  3. Pesawat ini menggunakan 4 mesin Turbofan Rolls-Royce Trent 900 atau Engine Alliance GP7200.
  4. Airbus A380 memiliki panjang 72,73 meter (238,6 kaki), lebar sayap 79,75 meter (261,6 kaki) dan tinggi 24,45 meter (80,2 kaki).
  5. Per. Oktober 2010, pihak Airbus telah memproduksi A380 sebanyak 37 unit dengan harga US$ 347.3 million/unit. Airbus menyatakan bisa memproduksi 4 unit pesawat jenis ini setiap bulannya.
  6. Airbus dan maskapai yang menggunakan Airbus A380 memberikan jaminan fasilitas yang lebih bagi para penumpangnya. Beberapa maskapai melengkapi Airbus A380 dengan fasilitas bar, toko-toko, double bed, tempat bermain anak-anak. Bahkan Virgin Airlines menyediakan kasino dalam pesawat tersebut.
Sumber: airbus.com dan wikipedia
This entry was posted in Aviation and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s