Smartphone, Stupid User

Bagi para pengguna BlackBerry pasti tidak asing dengan Broadcast Message (BM). Melalui BM, Blackberry user bisa mengirimkan pesan singkat langsung ke seluruh ataupun beberapa contact list.

BM bisa menjadi sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar dan bijak. Misalnya saja BM digunakan untuk menyebarkan upgrade beberapa aplikasi, tips untuk menggunaan BlackBerry, beberapa kalimat yang berisi pencerahan, bahkan dakwah.

Namun, BM juga bisa jadi sesuatu yang menjengkelkan, merugikan, bahkan menyesatkan! Saya seringkali sangat jengkel jika tiba-tiba dihujani dengan BM yang asal muasal serta isi yang tidak jelas. BM tersebut biasanya berisikan Hoax atau berita bohong.

Ini adalah salah satu BM Hoax yang masih hangat:
“forward BM ini dengan kode 101010 otomatis dlm 5 menit pulsa kamu bertambah RP. 101.010”
Ya ampuuun… Think smart, please. Mengirimkan BM dengan memasukan kode apapun tidak akan membuat pulsa terisi secara otomatis!
Jaman sekarang tidak ada orang yang membagi-bagikan pulsa gratis, kecuali orang tersebut sedang berkampanye untuk Pilkada dll. Hahah. Memasukkan kode 101010 itu hanya sekadar iseng saja karena kebetulan hari ini tanggal 10 bulan 10 tahun 2010.

Kemudian ada lagi contoh BM, sebenarnya sudah terhapus, tapi isinya kurang lebih seperti ini:
“Copy kode ini: 31692415, kemudian BM ke seluruh contact list anda untuk membuat kerja BB anda semakin cepat”
Meskipun anda mengirimkan nomor tersebut 1 juta kali, tidak akan membuat kerja BB menjadi super duper cepat.
Nah, jika ada BM seperti diatas, silahkan tunggu, beberapa saat kemudian pasti ada BM ‘tandingan’ yang mengatakan:
“Jangan menyebarkan nomor 31692415 ke contact list anda, karena nomor tersebut adalah virus”
Hahaha… Itu sama saja, dua-duanya adalah hoax. BM baru yang dibuat untuk menangkis BM sebelumnya.

Beberapa hari lalu saya juga menerima BM mengenai kapal yang membawa beberapa relawan (termasuk relawan dari Indonesia) diserang oleh pasukan Israel. Ini memang berita yang sangat sangat menyedihkan. Kenapa menjadi sangat sangat menyedihkan? Karena dari segi isi beritanya memang merupakan kabar buruk. Dan, menjadi sangat sangat menyedihkan karena orang yang mengirim BM tersebut tidak sadar bahwa beritanya sudah kadaluarsa. Jika dia mau lebih sering menonton tv atau membaca berita, mungkin dia akan tahu kejadian tersebut terjadi beberapa bulan yang lalu. Bahkan para relawan Indonesia yang berada di kapal ketika kejadian tersebut, telah kembali ke tanah air.

Lanjut lagi, akhir-akhir ini dihebohkan dengan BM gambar ‘bulan-bulan’ yang katanya jika dikirimkan bisa membuat contact list yang sedang online akan berkelap-kelip.
Perlu diketahui, Research in Motion (RIM) tidak pernah membuat aplikasi yang bisa diaktifkan hanya dengan mengirimkan BM ke BlackBerry yang lain. Jika ingin mengaktifkan aplikasi, jalan satu-satunya adalah dengan men-download aplikasi tersebut!

Sungguh sangat disayangkan, para pengguna smartphone, malah tidak bisa berpikir pintar.
Apakah masyarakat kita memang suka latah? Langsung menyebarkan sesuatu tanpa mengetahui asal-usul maupun kebenaran dari isi pesan tersebut? Ataukah karena penasaran dan ingin tahu, makanya langsung “mempraktekkan”?

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka manusia yang menggunakannya pun harus lebih pintar, cermat dan bijak. Kita melakukan sesuatu bukan karena hal tersebut sedang trend, namun karena hal tersebut memang penting untuk dilakukan. Alangkah baiknya jika kita mengirimkan berita kepada orang lain, dimana berita tersebut diketahui asal muasalnya, dapat dipertanggung jawabkan, dan (yang terpenting) bermanfaat bagi orang banyak.
Sekali lagi, BM sangat bermanfaat jika digunakan secara tepat. Bagi anda yang tidak suka menerima BM, saya sarankan untuk tidak menggunakan BlackBerry saja. Lebih praktis dan tidak akan ada keluhan🙂

Have a nice day, tetap semangat dan jangan lupa: teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, bukan untuk menyesatkan
🙂

This entry was posted in Just Sharing and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s