PR… PR… PResentasi!

Presentasi, baik dalam urusan kuliah ataupun pekerjaan, merupakan hal yang sangat penting. Banyak orang yang menganggap presentasi sebagai hal yang mudah, namun tidak sedikit pula orang yang menganggap hal tersebut sulit.

Berikut beberapa tips untuk menghadapi presentasi:
1. Kuasai Materi
Dalam urusan ini, motto “tiba masa, tiba akal” tidak berlaku. Itu sama saja dengan berperang tanpa senjata. Untuk melakukan presentasi, anda harus paham mengenai materi yang akan anda bawakan. Sebaiknya anda menyiapkan terlebih dahulu “bahan-bahan mentah” dari materi tersebut, kemudian mengolahnya ke dalam bahasa anda sendiri. Pergunakan bahasa yang mudah dan sederhana. Ini akan membantu anda ketika hendak menjawab pertanyaan dari audience, dosen maupun penguji. Atur jadwal anda, kapan anda harus telah menguasai materi tersebut, apakah H-3 atau H-2 dari jadwal presentasi. Usahakan untuk menyediakan waktu sehari untuk mengistirahatkan otak anda, agar tidak terlalu tegang.

2. Latihan
Practice makes perfect! Jika anda belum terbiasa berbicara di hadapan umum, cobalah berbicara di depan cermin. Melalui cermin tersebut, anda dapat memiliki gambaran bagaimana penampilan anda nantinya. Cobalah untuk mengoreksi diri anda sendiri terlebih dahulu. Apakah ada intonasi, mimik wajah ataupun bahasa tubuh yang harus diubah. Anda juga bisa latihan berbicara di hadapan teman-teman anda. Ini akan sangat bermanfaat, karena anda bisa latihan secara nyata (latihan dengan menggunakan audience sungguhan). Setelah anda melakukan simulasi presentasi, cobalah minta feedback dari teman-teman anda, sehingga anda tahu penilaian dari orang lain. Kemudian anda bandingkan penilaian anda sendiri hasil berbicara di depan cermin dengan penilaian dari teman-teman anda.

3. Make up your mind
Jika anda menganggap presentasi sebagai hal yang menakutkan, maka pikiran tersebut harus diubah. Apa yang anda pikirkan mempengaruhi apa yang akan anda lakukan. Apabila sejak awal anda telah berpikiran negatif, hasilnya pun akan menjadi negatif. Namun jika anda berpikiran positif, maka energi positif akan muncul dan memberikan hasil yang maksimal bagi usaha anda. Sebagai contoh, sebaiknya anda jangan membayangkan presentasi sebagai suatu ujian atau hambatan, tapi coba bayangkan hal tersebut sebagai tantangan untuk anda taklukan. Maka secara tidak sadar, anda mendorong diri anda untuk berusaha menakhlukkan tantangan tersebut.
Jangan takut untuk gagal. Anda telah menguasai materi dan telah latihan. Trust your self! Anda lebih pintar daripada yang anda pikirkan. Tanamkan dalam diri anda, “I can do it!”

4. Little things to do…
Buat daftar barang-barang apa saja yang anda butuhkan untuk membantu presentasi anda, misalnya laptop, fd, slide, atau catatan kecil yang berisi inti dari materi. Selain itu jangan lupa untuk membuat back up data, sekadar untuk berjaga-jaga jika hal tidak diinginkan terjadi (misalnya data di laptop anda terhapus).
Sebelum melakukan presentasi, sebaiknya anda makan terlebih dahulu agar perut tidak keroncongan, namun jangan sampai kekenyangan. Jika tidak terbiasa makan sebelum presentasi, anda dapat menyediakan roti atau makanan kecil sekadar untuk berjaga-jaga.
Usahakan datang minimal setengah jam sebelum jadwal presentasi, sehingga anda tidak tergesa-gesa dan bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan tenang. Dan jangan lupa, untuk ke toilet terlebih dahulu sebelum presentasi. Selain untuk buang air kecil, juga untuk memeriksa penampilan anda.

5. And then…
Sebelum memulai presentasi, berdoa terlebih dahulu. Kemudian tarik nafas dalam-dalam sambil berkata “Saya Bisa. I can do it!”. Kedua hal tersebut bisa membuat anda lebih tenang dan lebih percaya diri.
Ketika melakukan presentasi, lakukan kontak mata dengan audience, dosen ataupun penguji anda. Jika anda merasa gugup, peganglah sebuah benda kecil yang tidak terlihat oleh orang lain, misalnya penjepit kertas atau tutup pulpen. Rasa gugup akan mengalir ke benda tersebut.

Mudah-mudahan beberapa tips di atas dapat membantu anda untuk melakukan presentasi…
Jangan takut gagal, I know You can do it🙂

This entry was posted in Just Sharing and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s