Si Bungsu yang Malang

Saya baru saja menjalani proses Odontektomi. Memang banyak orang yang belum pernah mendengar istilah itu. Odontektomi adalah proses pengangkatan geraham bungsu karena proses tumbuhnya yang tidak sempurna.

Pada awalnya, saya sering mengeluhkan geraham bungsu bagian bawah. Baik sebelah kanan maupun kiri tumbuhnya miring, sehingga sisa makan sering tertinggal di bagian itu. Namun yang mengganggu adalah jika giginya membesar, sering terasa sakit hingga ke gusi dan rahang. Mungkin karena tempat tumbuhnya yang terbatas, maka sakitnya menjadi seperti itu. Saya pun berkonsultasi dengan seorang dokter gigi, katanya gigi saya harus dibedah, namun harus dirontgen terlebih dahulu. Mendengar kata bedah saya pun takut. Selama ini saya paling takut ke dokter gigi, kecuali untuk membersihkan karang gigi.
Akan tetapi, jika geraham bungsu yang miring dibiarkan bisa berakibat infeksi, sakit kepala, sakit pada rahang hingga pada telinga. Pantas saja saya sering mengalami hal-hal tersebut…. (Sigh…)

Setelah menunda-nunda (dan melalui beberapa kali sakit), saya pun memberanikan diri untuk melakukan odontektomi. Atas saran ibu saya, maka proses odontektomi tersebut dilakukan di salah satu RSUD.
Pertama-tama disekitar gigi disuntikkan obat bius. Setelah obatnya bereaksi, gusipun dibelah. Anda tahu apa yang saya bayangkan ketika dokter mengiris gusi saya? Saya membayangkan dokter tersebut sedang memotong daging yang lembut seperti cake… Aneh memang, meskipun saya tidak merasakan sakit, tapi saya tetap merasakan ketika gusi saya diiris. Kemudian saya tidak tahu lagi proses apa yang dokter tsb lakukan, karena prosesnya seperti mendongkrak gigi… Hahaha… Setelah itu, dokter pun mencabut gigi saya, dan menjahit gusi agar pendarahannya berhenti. Ketika proses odontektomi, beberapa kali saya merasakan sakit, sehingga dokter harus menyuntikkan obat bius. Finally, prosesnya memakan waktu satu jam dan tiga ampul obat bius!

Tapi saya masih belum bisa bernafas dengan lega, karena baru geraham kanan saya yang dibedah. Sedangkan geraham kiri masih sukses tertanam di gusi saya dengan miring.
Waktu itu saya ingin geraham bungsu tersebut langsung diangkat saja keduanya. Namun dokter menyarankan untuk menunda odontektomi bagi geraham kiri saya.

Malam itu saya diopname di RS untuk observasi agar tidak terjadi pendarahan. Lucu juga, harus diinfus dan opname karena proses gigi. Namun dari beberapa informasi yang saya dapatkan, tidak semua pasien pasca odontektomi harus diopname, yang penting harus melakukan pemeriksaan rutin.

Setelah operasi, satu jam pertama saya harus menggigit kassa steril. Kemudian jika ingin makan, harus yang benar-benar halus, seperti bubur saring atau yang diblender. Karena rahang masih sakit, apalagi gusi. Belum lagi mulut yang terasa tebal dan mati rasa.
Pasca odontektomi, harus rajin minum antibiotik. Efek yang dirasakan adalah pipi bengkak, rahang dan gusi sakit serta ngilu… Bahkan ngilunya terkadang menjalar hingga ke pipi dan kepala.
Namun itu hanya berlangsung sekitar seminggu.

Sekarang saya masih dalam masa penyembuhan. Belum terpikir kapan saya akan melakukan odontektomi pada geraham kiri. Mungkin jika saya sudah lebih siap.

Oia, untuk proses odontektomi menelan biaya yang bervariasi. Mulai dari satu hingga 3 jutaan, tergantung dari rumah sakit atau dokter yang menangani serta obat-obatan yang digunakan. Namun jika anda ingin berhemat, ada bisa mencari sarjana kedokteran gigi yang sedang coass, anda bisa mendapatkan diskon, malah bisa saja proses odontektominya tidak dipungut biaya. Namun anda harus siap dijadikan sebagai ‘kelinci percobaan’. Hihihihihi…

Bagi yang ingin melakukan odontektomi, jangan takut. Sebaiknya konsultasi dengan dokter gigi anda, daripada geraham bungsu anda selalu sakit. Dan bagi yang punya geraham bungsu normal, maka beruntunglah anda tidak perlu menjalani odontektomi…

This entry was posted in Kesehatan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

